Cara Tepat dan Sehat Mengatur Pola Makan Ibu Hamil

Tips Hidup Sehat - Salah satu hal yang dilakukan ibu hamil adalah mencari informasi tentang cara mengatur diet yang tepat untuk ibu hamil, tetapi tetap sehat. Mengapa demikian? Karena meski telah berbadan dua, perempuan tetaplah perempuan di mana mereka selalu ingin tampil menawan. Seperti diketahui, kehamilan sering membuat tubuh wanita membengkak karena kenaikan berat badan.

Peningkatan Berat Badan saat Hamil adalah Normal: Saat hamil, rahim menjadi lebih luas. Kemudian plasenta / ari-ari bayi , cairan ketuban, timbunan lemak untuk meningkatkan aliran darah dan cairan tubuh. Berbagai penambahan ini berkontribusi hingga 10 kilogram atau lebih dalam penambahan berat badan. Bahkan dalam kesehatan, ibu dengan Indeks Massa Tubuh normal akan mengalami kenaikan berat badan 11-16 kg selama kehamilan.

Bahkan ketika Anda hamil dalam kondisi terlalu kurus, dokter pasti akan menyarankan menambahkan kisaran 12-18 kilogram. Sementara jika tubuh Anda sudah gemuk sejak sebelum hamil, disarankan naik 6-10 kilogram. Lalu bagaimana jika kehamilan kembar? Bersiap untuk kenaikan berat badan 16-24 kilogram. Untuk alasan ini, Anda jelas perlu tahu cara mengatur diet yang tepat untuk wanita hamil.

Cara Tepat dan Sehat Mengatur Pola Makan Ibu Hamil

Jaga Kenaikan Berat Badan saat Hamil: Ada yang mengatakan bahwa jika seorang wanita hamil, dia mungkin makan dalam porsi besar demi janin. Meskipun ini salah karena Anda harus tahu apa cara yang benar untuk mengatur pola makan ibu hamil, sehingga mereka tidak mengalami obesitas yang membahayakan janin.

Beberapa bahaya bagi janin karena ibu terlalu gemuk seperti keguguran sampai bayi meninggal saat lahir. Sedangkan untuk ibu hamil, efeknya seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes gestasional dan preeklampsia. Bahkan jika bayi dapat dilahirkan dengan aman dari ibu yang mengalami obesitas, anak yang lahir dengan berat badan besar dapat terancam dengan penyakit degeneratif.

Cara Tepat dan Sehat Mengatur Pola Makan Ibu Hamil

Karena kelebihan berat badan saat mengandung itu berbahaya baik untuk ibu maupun janin, Anda tentu harus tahu pedoman mengatur pola makan ibu hamil. Tenang saja, aturannya tidak sulit, asal dilakukan dengan hati-hati.

1. Pilih Makanan Sehat

Wanita hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi produk olahan karena takut kadar gula artifisial tinggi. Untuk alasan ini, Anda harus mengonsumsi makanan yang lebih sehat, terutama buah segar dan sayuran berserat. Anda juga bisa makan roti gandum / sereal dan susu khusus untuk ibu hamil yang biasanya rendah lemak. Ide yang bagus untuk memasak sendiri dan mengurangi gorengan, tetapi gantikan dengan tumisan / rebusan.

2. Perhatikan Kalori yang Masuk

Dengan memperhatikan kalori yang masuk, Anda tentu bisa menyesuaikan pola makan ibu hamil dengan tepat. Bahkan jika Anda terbiasa makan dalam porsi besar dalam sehari, Anda dapat membaginya menjadi beberapa porsi kecil sehingga menjadi pengganti untuk mengkonsumsi makanan ringan yang tidak sehat.

3. Tetap Rajin dalam Olahraga

Wanita hamil tidak perlu berolahraga? Sangat salah, Anda malah disarankan untuk rajin bergerak agar kelebihan kalori terbakar. Tidak perlu berolahraga berat, lakukan saja dengan ringan seperti berjalan, berenang atau yoga khusus untuk wanita hamil.

4. Konsumsi Nutrisi Penting Selama Kehamilan

Saat hamil, tubuh membutuhkan zat besi dua kali lipat. Beberapa makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, ikan, unggas, kacang panjang dan kacang merah. Kombinasikan dengan vitamin C dalam brokoli, paprika, jeruk dan stroberi. Vitamin C dapat membantu tubuh menyerap zat besi tanaman.

Juga ingat bahan makanan yang membatasi penyerapan zat besi seperti teh, kuning telur, susu dan kacang kedelai. Selain zat besi, nutrisi penting lainnya adalah asam folat. Asam folat adalah vitamin B yang mengurangi risiko cacat tabung saraf. Beberapa makanan kaya folat seperti sayuran hijau, jeruk dan biji-bijian.

5. Menjaga Kadar Cairan Tubuh

Ketika wanita hamil, volume darah akan meningkat sehingga agar tetap seimbang, Anda harus banyak minum. Selain itu minum banyak air putih juga membantu mengurangi sembelit. Setidaknya 8-12 gelas air / hari adalah saran yang sangat membantu.

6. Mengatur Jadwal Makan Sesuai Fase Kehamilan

Inti dari pengaturan pola makan ibu hamil adalah harus disesuaikan dengan fase kehamilan. Selama 3-4 bulan pertama kehamilan, 30% kalori harian harus dimakan saat sarapan, 15% pada siang hari dan 35% pada waktu makan malam. Kemudian saat hamil 4-5 bulan, usahakan makan 5-6 kali / hari dalam porsi kecil agar tidak memberi tekanan pada janin saat perut penuh.

Tingkatkan asupan protein saat sarapan dan makan siang dan cobalah minum susu di malam hari. Ketahuilah bahwa pada trimester pertama, wanita hamil membutuhkan 2.000 kalori / hari. Kemudian pada trimester kedua dibutuhkan 2.500 kalori / hari dan pada trimester ketiga dibutuhkan 3.000 kalori / hari.

Dengan menjaga asupan makanan selama kehamilan, kehamilan tentu akan berjalan lancar hingga buah hati dilahirkan dengan keadaan sehat. Untuk itulah wanita yang sedang hamil harus tahu betul cara mengatur pola makan yang sehat selama kehamilan.

0 Response to "Cara Tepat dan Sehat Mengatur Pola Makan Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel