Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Saat Berpuasa

Tips Hidup Sehat - Bibir kering dan pecah-pecah adalah salah satu kendala yang harus Anda hadapi di bulan Ramadhan. Apalagi jika jenis bibir yang Anda miliki adalah bibir kering, akan lebih mudah pecah-pecah saat puasa. Kulit bibir yang lebih tipis dari bagian tubuh lainnya memang membuat bibir lebih cepat pecah.

Jika Anda mengalami bibir pecah-pecah, bibir Anda akan terasa perih dan tidak nyaman saat makan. Ini bisa mengurangi nafsu makan dan membuat tubuh kekurangan gizi sehingga bisa memancing penyakit lain untuk mendekat. Karena itu, pecah-pecah pada bibir harus dirawat sesegera mungkin agar tidak menghambat aktivitas Anda.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Saat Berpuasa

Kulit yang pecah-pecah dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti cuaca panas atau dingin yang berubah dengan cepat, sensitif terhadap makanan tertentu, atau mengalami dehidrasi karena puasa. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bibir rapuh karena memiliki lapisan tipis dan transparan, yang disebut stratum corneum.

Warna kemerahan pada bibir berasal dari konsentrasi dan kedekatan lapisan stratum korneum ke pembuluh darah di bawahnya. Di bibir tidak ada kelenjar minyak karena lebih cepat kering dan mudah pecah. Tidak hanya dari segi cuaca, kurangnya perawatan dapat membuat bibir Anda mengalami keretakan, pecah-pecah dan bahkan pendarahan.

Penyebab Bibir Pecah-Pecah

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat bibir Anda pecah-pecah, yang paling sering dilakukan adalah membiarkan tubuh menjadi dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengganggu keseimbangan mineral alami dalam tubuh. Tidak hanya dapat merusak sistem organ dalam tubuh, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kulit luar Anda.

Karena itu, sangat penting untuk mencegah tubuh kekurangan cairan dengan minum 8 hingga 12 gelas air putih dalam sehari. Kebiasaan lain yang bisa membuat bibir pecah adalah menjilat bibir. Air liur yang berlebihan dapat merusak lapisan luar tipis dari bibir dan mengurangi kelembaban alami sehingga dapat membuat bibir kering dan mengelupas.

Selain menjilat bibir Anda, menggigit bibir Anda dapat mengancam kesehatan bibir Anda. Saat menggigit bibir, gigi akan mengiritasi bibir, membuat lapisan terkoyak, pecah dan bahkan berdarah. Mengkonsumsi banyak alkohol juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Karena konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengganggu proses penyerapan vitamin dalam tubuh sehingga asupan vitamin untuk tubuh Anda tidak cukup.

Makan makanan asin dan pedas dan paparan sinar matahari langsung juga tidak baik untuk bibir. Makanan asin dan pedas mengandung garam yang cukup tinggi untuk mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan. Paparan sinar matahari juga menyebabkan bibir Anda mengering dan pecah sehingga Anda harus menghindarinya sebanyak mungkin.

Tips Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Memiliki bibir yang pecah saat puasa adalah penampilan yang sangat mengganggu. Belum lagi rasa sakit yang diderita akan membuat Anda tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri Anda. Nah, agar masalah Anda cepat teratasi, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengembalikan bibir Anda seperti biasa:

1. Minumlah Banyak Air

Bibir kering biasanya disebabkan oleh kekurangan cairan atau dehidrasi, jadi cara mencegahnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh sesegera mungkin. Namun, Anda tidak dapat melakukan ini di siang hari saat berpuasa, jadi perbanyak konsumsi air di malam hari terutama saat berbuka puasa dan subuh.

2. Hindari Minuman Berkafein saat Berbuka Puasa dan Sahur

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau minuman bersoda bisa mengeringkan bibir Anda. Karena itu, hindari minum minuman berkafein saat berbuka puasa atau subuh. Selain bisa membuat bibir kering, minuman berkafein juga dapat memperburuk kerja sistem pencernaan sehingga puasa Anda terganggu dan tidak nyaman dan juga memungkinkan sakit perut.

3. Hindari Makanan yang Mengandung Garam

Jika Anda penggemar makanan asin dan pedas, mulai sekarang, kurangi makan makanan ini. Sebab, makanan yang asin dan pedas bisa membuat bibir kering. Tidak hanya itu, makanan pedas juga akan membuat tenggorokan Anda terasa kering saat berpuasa, membuat Anda haus lebih cepat dan kekurangan cairan.

4. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin dan Mineral

Jeruk, mangga, pepaya, dan sayuran adalah makanan yang mengandung vitamin dan mineral, yang dapat memberikan nutrisi yang dapat melawan masalah bibir kering. Jika cukup vitamin dan mineral masuk ke tubuh Anda, maka masalah bibir kering bisa diatasi dengan mudah. Jadi, jangan lupa menambahkan buah-buahan dan sayuran di menu sahur Anda.

Demikian penjelasan singkat dari kami mengenai masalah bibir pecah-pecah berikut tips cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu masalah Anda terhadap bibir pecah-pecah saat menjalankan ibadah puasa.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Saat Berpuasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel