Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang - Sakit Pinggang merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang diderita sebagian orang, tidak heran jika kemunculan penyakit ini tidak mengenal waktu dan tempat. Tak heran saat puasa meski Anda masih bisa merasakan sakit pinggang, penyebab penyakit ini juga beragam. Jika muncul saat puasa biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan cairan.

Karena air itu sendiri dibutuhkan oleh tubuh, karena fungsi air itu sendiri dapat digunakan sebagai pelumas di bagian tulang, otot, dan persendian sehingga mereka dapat bergerak dengan fleksibel. Tentu saja karena saat puasa kekurangan cairan, jika Anda duduk terlalu lama bisa membuat pinggang tidak nyaman karena kurang pelumas. Apalagi, sakit punggung ini akan sangat mudah muncul ketika Anda jarang bergerak.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Ini tidak mengherankan mengingat ketika puasa banyak orang malas melakukan aktivitas sehingga mereka malas bergerak. Jadi jika Anda memiliki masalah dengan pinggang, lebih baik bergerak saat puasa nanti, karena jika Anda bergerak tidak akan terasa terlalu lemah. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba jika Anda merasakan sakit pinggang saat menjalankan puasa atau hari-hari biasa.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang


1. Konsumsi Makanan Bergizi

Untuk mengatasi atau mencegah sakit pinggang, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan cepat saji yang memiliki kandungan gizi tinggi selama bulan puasa. Karena dengan makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi, senyawa dalam makanan ini bisa membuat pinggang Anda terhindar dari rasa sakit. Dan dapat membantu daya tahan tubuh Anda sehingga Anda tidak akan mudah sakit.

Dan jangan lupa untuk cukup istirahat, karena terlalu banyak bekerja dapat membuat sakit pinggang Anda kambuh. Tetapi itu tidak berarti bahwa ketika Anda berpuasa, Anda beristirahat berlebihan karena itu hanya akan membuat Anda lebih lemah sehingga pinggang Anda juga berpotensi besar untuk merasakan sakit.

2. Membatasi Aktivitas Fisik

Tentu saja setiap orang diharuskan untuk melakukan aktivitas fisik seperti bekerja atau berolahraga, tetapi ada baiknya saat berpuasa Anda harus membatasi aktivitas fisik. Karena ini bisa membuat pinggang Anda berpotensi besar untuk merasakan sakit, jadi ada baiknya jika Anda menghindari mengangkat beban berat atau berolahraga berlebihan.

Jika Anda ingin berolahraga saat puasa, lebih baik berolahraga ringan sehingga saat Anda selesai berolahraga Anda tidak akan merasa lemas atau haus. Karena energi Anda tidak akan berlebihan saat berolahraga nanti, jadi walaupun Anda sedang berpuasa tidak berarti Anda tidak boleh berolahraga. Tapi ada baiknya dibatasi dan tidak seperti pada hari sebelum puasa.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Meskipun Anda sedang berpuasa, bukan berarti Anda harus kekurangan cairan, karena cairan itu sangat penting, terutama dalam menangani sakit pinggang. Karena itu, pastikan Anda mengonsumsi 2 liter air, di mana Anda bisa menerapkannya dengan formula 2-4-2 di mana satu gelas saat berbuka dan satu gelas setelah shalat Maghrib.

Kemudian 4 gelas pada saat sebelum Tarawih dan setelah Tarawih, untuk 2 gelas sisanya maka Anda bisa mengkonsumsinya saat sahur. Jadi dengan cara ini kebutuhan air Anda bisa terpenuhi sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi. Karena jika Anda mengalami dehidrasi, Anda pasti akan merasakan sakit di pinggang karena tidak ada pelumasan pada bagian sendi.

4. Kompres Menggunakan Air Dingin Atau Air Panas

Jika tiba-tiba rasa sakit muncul, lebih baik jika Anda mengompres menggunakan air dingin atau air panas. Karena dengan mengompres itu bisa menghilangkan rasa sakit, tentu saja Anda bisa secara bergantian mengompres pinggang menggunakan air dingin atau air panas dimana jika Anda mengompres selama 2 hari menggunakan air dingin maka Anda mengompres menggunakan air panas.

Agar lebih nyaman, lebih baik jika Anda memberi balsem sehingga bisa memberi efek hangat. Agar pinggang Anda bisa meredakan rasa sakit, tentu saja Anda harus mengompres bagian yang sakit. Tentunya dengan mengompres itu bisa memberikan efek rileks.

5. Berendam Dalam Air Hangat

Agar rasa sakit di pinggang mereda, lebih baik jika Anda mencoba berendam di air hangat ketika mandi nanti, karena dengan berendam di air hangat tidak kalah efektif dari metode lainnya. Karena dengan merendam saraf dan otot yang mengencang bisa menjadi longgar, sehingga akan menjadi lebih rileks. Dan jika Anda berendam di air hangat itu bisa membuat sirkulasi darah lancar

Karena itu, ketika mandi di air panas, semua bagian tubuh bisa menjadi rileks, termasuk bagian pinggang yang pegal. Jadi jangan heran jika metode ini termasuk cara ampuh untuk mengatasi sakit pinggang.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel