Cara Alami Mencegah Penyakit Asam Urat Agar Tidak Kambuh

Tips Hidup Sehat - Asam Urat adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kandungan asam urat dalam darah. Situasi ini dapat terjadi ketika Anda makan banyak makanan atau minuman yang mengandung banyak zat purin. Dimana zat purin jika jumlahnya melebihi tidak dilepaskan melalui urine tetapi menciptakan kristal pada persendian.

Karena itu Anda bagi penderita asam urat harus menghindari makanan yang memiliki kadar purin tinggi, yaitu daging merah, tepung, makanan laut seperti udang, kepiting, dll. Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, kacang lentil, dan produk gula, rokok, alkohol, serta kafein.

Cara Alami Mencegah Penyakit Asam Urat Agar Tidak Kambuh

Jika Anda telah menjalani tes kadar asam urat dan jumlah dalam darah Anda tinggi, tetapi tidak ada keluhan asam urat, maka Anda tidak perlu minum obat. Namun sebaliknya jika kadar asam urat dalam tubuh normal tetapi sebenarnya mengalami gejala rematik, maka yang terjadi adalah asam urat sudah mengkristal dan perlu perawatan.

Ada beberapa gejala rematik asam urat yang perlu Anda kenali seperti mengalami nyeri pada persendian yang terkadang datang dan hilang begitu saja, nyeri pada persendian jari kaki, karena rasa sakit membuat sulit berjalan, kemerahan dan persendian sulit bergerak, dan jika timbul rasa sakit yang tidak diobati dapat bertahan lebih dari satu minggu.

Bisakah Asam Urat Sembuh?

Banyak orang bertanya-tanya apakah asam urat dapat disembuhkan. Tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa asam urat tidak bisa disembuhkan. Faktanya, asam urat tidak bisa disembuhkan sepenuhnya tetapi bisa dikontrol. Ini berarti bahwa penyakit tersebut tidak dapat hilang, tetapi Anda dapat mengendalikannya agar tidak kambuh. Beberapa pola gaya hidup akan membantu Anda mengendalikannya.

Cara Alami Atasi Asam Urat

Ketika penyakit asam urat kambuh, tentu saja akan mengganggu kegiatan Anda, bahkan dapat mengganggu ibadah Anda selama bulan puasa. Perasaan sakit luar biasa pada persendian membuat siapa pun tidak mau mengalami encok. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang cara alami yang bisa Anda coba untuk mengendalikan agar asam urat tidak kambuh.

1. Minumlah Jus Mentimun

Jus mentimun adalah minuman alkali alami yang dapat mengobati asam urat. Efek alkali dalam jus mentimun dapat membantu mencegah kristal menumpuk di sendi. Anda bisa memadukan jahe atau seledri untuk membuat jus mentimun ini. Kandungan gingerol dan sifat antioksidan dari jahe dapat menghilangkan rasa sakit dan bengkak.

Yang perlu Anda persiapkan untuk membuat jus ini adalah mentimun berukuran sedang, 2 batang seledri, seiris lemon, dan jahe yang berukuran sekitar 2,5 cm. Sebelum Anda menggunakan, pastikan bahwa bahan-bahan telah dicuci untuk menghindari kontaminasi yang dapat menyebabkan masalah. Setelah Anda mencuci semua bahan, lalu ambil bahan dengan ukuran kecil.

Ini dilakukan untuk memudahkan dan mempercepat proses pemurnian nanti. Langkah selanjutnya adalah menghaluskan semua bahan yang telah dipotong menjadi ukuran kecil menggunakan blender. Pastikan semua bahan benar-benar halus. Kemudian pindahkan ke gelas untuk Anda minum.

2. Jus Nanas

Tidak kalah dengan mentimun, nanas juga mampu menghilangkan rasa sakit pada encok secara alami karena kandungan Bromelain yang terkandung di dalamnya. Anda hanya perlu menyiapkan setengah nanas kecil, berukuran sekitar 1,5 cm, satu mentimun, dan satu lemon. Sebelum Anda mencampurnya, pastikan semua bahan bersih. Kemudian haluskan menggunakan blender.

3. Jus Pare

Selain dua jus yang disebutkan di atas, ada satu jenis sayuran yang dapat menghilangkan rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh penumpukan kristal di persendian. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah seperempat kecil pare, seperempat lemon, satu apel hijau, 6 batang seledri, satu mentimun kecil, dan jahe dengan ukuran ibu jari.

Jangan pernah bosan karena Anda harus minum jus ini setiap hari secara teratur. Jika Anda berpuasa, Anda harus minum jus saat berbuka puasa, karena selain bisa menyembuhkan asam urat, jus ini mampu memberikan efek baik lainnya seperti mampu membersihkan hati, mendetoksifikasi tubuh, dan dapat meningkatkan sirkulasi hati.

Demikian tips alami yang bisa Anda coba untuk bisa mengendalikan kekambuhan asam urat. Meskipun diketahui bahwa penyakit asam urat tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, setidaknya Anda memilikinya cara untuk mengendalikan asam urat agar tidak kambuh.

0 Response to "Cara Alami Mencegah Penyakit Asam Urat Agar Tidak Kambuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel